Penyampaian materi oleh Bapak Anshory di SMAN 1 Tiirtayasa (1)

Roadshow Prodi Fisika ITERA Ramaikan SMAN 3 Cilegon dan SMAN 1 Tirtayasa Banten: Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 Segera Dibuka

Pada hari Kamis 9 November 2023, Dosen, Asmik dan Laboran Fisika ITERA menggelar roadshow di SMAN 3 Cilegon dan SMAN 1 Tirtayasa Banten dengan tujuan memperkenalkan Prodi Fisika ITERA kepada siswa-siswi SMA dan memberikan informasi penting seputar penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2024.

Roadshow ini merupakan bagian dari upaya Fisika ITERA untuk lebih mendekatkan diri dengan calon mahasiswa dan memberikan pemahaman mendalam tentang program studi yang ditawarkan, kurikulum, dan peluang karir di dunia sains dan teknologi.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 3 Cilegon, Bapak Rochmat Wirandanubrata, M.Pd. Beliau berharap setelah roadshow, lebih banyak lagi siswa-siswi yang mendapatkan ilmu mengenai dunia kuliah dan meningkatkan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah sehingga dapat meningkatkan derajat orang tua dan berguna bagi negara.

Perwakilan Guru SMAN 1 Tirtayasa yaitu Ibu Suhriyah, M.Pd menyampaikan sambutannya yaitu beliau berharap siswa-siswi bisa lebih mengenal fisika dan dapat berkuliah di ITERA. Selain itu beliau juga berharap Fisika ITERA nantinya dapat bekerjasama dalam program pengenalan berbagai kampus di SMAN 1 Tirtayasa.

Sambutan dari Koordinator Prodi  Fisika ITERA, yaitu Indra Pardede, Ph.D. sama dikedua Sekolah. Beliau menyampaikan tujuan roadshow ini adalah untuk memberikan wawasan kepada siswa-siswi SMA mengenai potensi dan manfaat mengambil jurusan Fisika di ITERA. “Kami ingin memperkenalkan potensi dan keunggulan dari Program Studi Fisika ITERA kepada generasi muda, serta membantu mereka memahami lebih baik mengenai kesempatan yang tersedia di dunia sains”.

Sambutan dari KepSek SMAN 1 Cilegon

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil Fisika ITERA serta pemaparan materi oleh Koordinator Prodi  Fisika ITERA. Tujuannya adalah mengajak siswa-siswi untuk membuka pikiran bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk menentukan kemana tujuan hidup selanjutnya, apakah akan berkuliah atau bekerja. Segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik. Fisika ITERA menyediakan kurikulum yang baik agar mahasiswa fisika siap kerja setelah lulus. Fisika bukanlah melulu mengenai rumus, melainkan terbagi menjadi 4 kelompok keahlian (KK) yaitu fisika teori dan kebumian, serta fisika material dan instrumentasi. Mahasiswa fisika dapat belajar memecahkan masalah sesuai dengan KK yang diminatinya. selain itu Bapak Indra juga mengutip Kalimat Elon Musk yang apabila diterjemahkan menjadi: kerangka berpikir terbaik dalam memecahkan masalah adalah kerangka berpikir fisika karena kita dapat memahami hal-hal fundamental. Pada saat sesi tanya jawab, perwakilan siswi SMAN 1 Tirtayasa bertanya mengenai keterbaruan apa saja yang berhasil Fisika ITERA raih. Bapak Indra menjelaskan banyak keterbaruan yang sudah dibuat, diantaranya adalah pemanfaatan mineral pasir besi untuk aplikasi biosensor, pengembangan deteksi dini kebakaran hutan dan bencana alam berbasis sensor dan pengukuran.

Selain itu, acara ini juga menjadi platform untuk memberikan informasi detail tentang penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2024. Bapak M. Anshory, M.Sc membagikan seputar  skema jalur penerimaan mahasiswa baru, persyaratan, prosedur pendaftaran, serta fasilitas yang ditawarkan oleh ITERA. Selain itu Bapak Anshory membagikan pengalamannya yang selama berkuliah S1 dan S2 mendapatkan beasiswa. Harapannya agar siswa yang kurang mampu dalam segi ekonomi termotivasi, mendapatkan solusi serta dapat berstrategi untuk mendapatkan beasiswa juga.

Penyampaian materi oleh Bapak Anshory di SMAN 1 Tiirtayasa

Di SMAN 1 Tirtayasa juga terdapat sesi testimoni dari Alumni, yaitu Weni Ayu Puja Kesuma, M.Si. yang sekarang menjadi Asmik di Fisika ITERA. Menurutnya Fisika ITERA membuat suasana mahasiswa memiliki keluarga baru. Dosennya peka terhadap kondisi mahasiswa. Selain itu dalam hal penelitian, mahasiswa yang berpotensi, diajak bergabung dalam penelitian yang didanai hibah penelitian. Mahasiswa juga diberi arahan untuk kerja praktik di industri atau institusi. Apabila memungkinkan juga mahasiswa dapat mengikuti MBKM yaitu merdeka belajar kampus merdeka. Jadi kita dapat belajar langsung maksimal 2 semester di institusi di luar kampus dengan bimbingan para peneliti atau karyawan profesional. Kegiatan tersebut mendukung mahasiswa untuk menguasai skill lapangan sebelum mencari kerja. Weni sangat bersyukur telah menempuh program studi fisika di itera karena Fisika ITERA memberikan landasan yang kuat dalam memahami fenomena alam serta mempersiapkan diri dengan keterampilan analitis yang sangat berharga

Siswa-siswi di SMAN 3 Cilegon dan di SMAN 1 Tirtayasa tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak dari mereka yang menyatakan ketertarikan mereka terhadap sains dan teknologi, serta bersemangat untuk mengeksplorasi lebih lanjut peluang yang ditawarkan oleh Fisika ITERA.

Roadshow ini diharapkan dapat menjadi titik awal kolaborasi yang erat antara Fisika ITERA dengan SMAN 3 Cilegon dan SMAN 1 Tirtayasa. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang mengenal sains lebih dalam, khususnya dalam bidang Fisika. “W.A.P.K.’’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *