Fisika Teori & Bumi

Fisika Teori

Fisika teori meliputi model matematika dan pendalaman fisika untuk menjelaskan data eksperimen yang diambil dari alam. Tujuannya adalah untuk merasionalisasi, menjelaskan dan memprediksi fenomena. Fisika teori mencoba membuat kita mengerti dengan membuat model kenyataan, digunakan untuk merasionalisasikan, menjelaskan, dan memperkirakan fenomena fisika melalui “teori fisika”

Fisika teori di ITERA menekankan pemahaman konsep, teori, dan pengaplikasiannya. Cakupan pembelajaran cukup luas, yaitu gejala kuantum, fenomena alam yang berkaitan dengan fisika non linier, mengkaji pengaplikasian teori fisika pada fenomena ekonomi seperti saham, fenomena alam semesta, dll.

Lulusan fisika teori  menekankan pada pemecahan masalah dengan teori sehingga sangat berpotensi pada berbagai bidang pekerjaan seperti:Tenaga pendidik dan akademisi.

1.Tenaga pendidik dan akademisi

2.Pada berbagai lembaga penelitian, seperti  LIPI, LAPAN, BATAN, dsb.

3.Penganalisis pada perusahaan starup, seperti GOJEK, OVO, Toko Pedia, dsb.

Fisika Bumi

Fisika Bumi adalah ilmu yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer. Penelitian pada fisika bumi dilakukan untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi dengan melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Lulusan fisika dalam bidang kebumian dapat bekerja pada berbagai bidang diantaranya  :

1. Peneliti pada berbagai lembaga penelitian

2. BMKG

3. OIL and gas company

4. Industri geotermal

5. Infrastruktur

6. Akademisi

7. PNS

Scroll to Top