Fisika Material & Instrumentasi

Fisika material adalah, fisika yang membahas struktur dan sifat fisis dari material. Sifat fisis tersebut diantaranya: sifat listrik, sifat magnet, sifat optik, dan sifat mekanik. Setiap meterial memiliki sifat unik yang dapat kita gabung atau rekayasa untuk memperoleh material yang lebih baik.

Bidang Fisika Material di ITERA mempelajari tentang nanomaterial, rekayasa material untuk diaplikasikan pada divais (sel surya, sensor, kapasitor, dll), penggunaan mikroskop optik dan elektron untuk mengetahui karakter dari suatu material, memanfaatkan material limbah untuk menjadi material yang dibutuhkan, dsb.

Lulusan fisika dalam bidang matterial menekankan pada kreatifitas, ketekunan dan konsep dasar sehingga mampu beradaptasi pada berbagai bidang pekerjaan seperti:

  1. Peneliti pada berbagai lembaga penelitian, seperti BPPT, LIPI, LAPAN, BATAN, dsb.
  2. Industri metal seperti INALUM, Krakatau Steel, dsb
  3. Laboran atau Quality Checkers di perusahaan yang membutuhkan Lab seperti Gajah Tuggal (GT Radial), Semen Baturaja, dsb.
  4. Industri polymer

Fisika Material

Fisika Instrumentasi

Fisika instrumentasi adalah salah satu kajian terapan dari ilmu fisika dalam hal pengukuran dan atau pengaturan besaran fisis secara langsung atau pun tidak langsung. Pengukuran dan atau pengaturan besaran fisis tersebut tidak terlepas dari instrumen yang digunakan.

Bidang Instrumentasi di Fisika ITERA mempelajari proses pengukuran tersebut menggunakan sensor, mengolahnya dengan filter dan sebagainya secara elektronis atau menggunakan komputer. Hasil pengukuran tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan secara langsung, atau disimpan atau digunakan sebagai umpan balik untuk membentuk sistem kendali tertutup (otomatis).

Lulusan fisika dalam bidang instrumentasi menekankan pada pemecahan masalah dan konsep dasar sehingga sangat fleksibel untuk beradaptasi pada berbagai bidang pekerjaan seperti:

  1. Peneliti pada berbagai lembaga penelitian, seperti  LIPI, LAPAN  BATAN, dsb.
  2. Desainer sistem kendali, otomasi sistem dan berbagai peralatan terutama elektronika atau berbasis komputer.
  3. Bidang industri terutama yang menyangkut peralatan, sistem kendali, robotika, akuisis data, desain alat, dsb.
  4. Bidang instrumentasi medis yang berkaitan dengan sistem pengolahan sinyal dan citra, serta peralatan yang digunakan di rumah sakit.
Scroll to Top