Himpunan Mahasiswa Fisika Institut Teknologi Sumatera Melaksanakan Doa Dan Kajian Bersama Masa Fisika Persiapan Ujian Tengah Semester dan Kajian Memasuki Bulan Ramadhan

Gambar 1.  Poster Acara Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika

Lampung Selatan – Himpunan Mahasiswa Fisika Institut Teknologi Sumatera (HIMAFI ITERA) baru saja menggelar kegiatan Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika, kegiatan ini dilangsungkan pada 20 Maret 2022. Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada setiap tahun menjelang Ujian Tengah Semester (UTS) dan menjelang bulan Suci Ramadhan, dimana pada kali ini kedua acara tersebut dilaksanakan secara bersamaan.

Tujuan diadakannya Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika ini adalah untuk memotivasi khususnya mahasiswa fisika dalam menghadapi UTS dan untuk menyambut bulan Suci Ramadhanbagi mahasiswa yang beragama muslim menjelang bulan Suci Ramadhan.

Gambar 2.  Foto Bersama Acara Doa Bersama Masa Fisika.

Acara Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika ini dilangsungkan secara daring dengan menggunakan via Zoom Meeting. Dalam acara ini bapak Dr. Indra Pardede, S.Si.,M.Sc. selaku Dosen Pembina HIMAFI ITERA menyampaikan kata sambutan dimana acara ini sangat spesial dibandingkan dengan sebelumnya dikarenakan pada acara ini tidak hanya doa bersama menghadapi ujian saja, namun berbarengan dengan kajian memasuki bulan Suci Ramadhan. Beliau juga menyampaikan bahwa diharapakan lewat acara ini dapat memotivasi para mahasiswa menjelang UTS

BPH HIMAFI PERIODE 2022/2023 juga menyampaikan harapannya yang diwakilkan oleh saudara Luhur Trihasunu selaku Ketua BPH HIMAFI PERIODE 2022/2023 harapannya semoga para mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena materi yang diberikan oleh narasumber sangat menarik serta dapat memotivasi para mahasiswa dan harapannya melalui acara ini para mahasiswa fisika dapat menghadapi ujiannya dengan lancar.

Gambar 3. Penyampaian Kata Sambutan dalam Acara Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika.

Acara Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika dilaksanakan dengan penyampaian materi oleh narasumber yaitu Bapak Muhamad Ragil Setiawan, S.Pd., M.Sc., selaku Dosen Fisika ITERA dan penyampaian kajian oleh Bapak M. Luqmanul Hakim Habibie SQ M.Pd.I., selaku Dosen MKU Agama dan Etika Islam ITERA. Narasumber, Bapak Muhamad Ragil Setiawan, S.Pd., M.Sc. menyampaikan beberapa tips proses sukses dalam menghadapi ujian yaitu dengan mengidentifikasi tujuan, perkuat komitmen mencapai tujuan, ubah perilaku/kebiasaan dan ubah sikap. Tips ini sangat bermanfaat tentunya bagi para mahasiswa dalam menghadapi ujian.

Gambar 4.  Foto Narasumber Menyampaikan Materi.

Pada kajian kali ini Bapak M. Luqmanul Hakim Habibie SQ M.Pd.I. menyampaikan bahwa, terdapat satu bulan yang seperti 1000 bulan yaitu bulan Ramadhan, pada bulan ini dikatakan bulan keberuntungan dan kebahagiaan. Pada bulan Ramadhan ini dibuka pintu surga dan ditutup pintu neraka, setan pun dikurung  kerangkeng. Perhitungan pahala puasa diatas dari perhitungan matematis. Segala kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan ini akan dilipat gandakan, kemudian doa akan dijabah, dan dosa akan diampuni.

Gambar 5.  Foto Narasumber Menyampaikan Materi.

Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika ini merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Dengan berlangsungnya kegiatan Doa dan Kajian Bersama Masa Fisika ini, harapannya para mahasiswa fisika dapat lebih semangat dan lebih termotivasi lagi dalam menghadapi ujian. Minnasan… ganbarimmashou…  (G.A.S.).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top