Mengenal potensi energi lewat Stadium Generale Series Program Studi Fisika “Pengembagan Fisika Material dan Instrumen”

Pada hari Senin, 22 November 2021, Program Studi Fisika ITERA kembali mengadakan Stadium Generale Series yang ke-2dengan tema “Pengembagan Fisika Material dan Instrumen”. Dalam kesempatan kali ini Prodi Fisika turut mengundang narasumber yang merupakan ahli dibidangnya untuk menyampaikan materi dalam gelaran acara tersebut yang diadakan secara daring via Zoom Meeting. Dihadiri oleh kurang lebih 80 mahasiswa aktif, yang mayoritas berasal dari Prodi Fisika.

Gambar 1. Dokumentasi para peserta dan pemateri.
Gambar 2. Dokumentasi para peserta dan pemateri.

Materi yang pertama disampaikan oleh Bapak Harapan Marpaung yang merupakan mantan pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) khusunya dibidang geofisika. Pada kesempatan ini, Pak Harapan menyampaikan berbagai pengalaman yang beliau alami selama mengikuti berbagai eksplorasi dan penelitian geofisika di Indonesia khususnya di bidang potensi geotermal. Beliau juga membagikan beberpa alat-alat yang telah beliau kembangkan untuk membantu eksplorasi geofisika yang ternyata banyak digunakan oleh para peneliti dan mahasiswa dalam melakukan penelitian di lapangan. Kontribusi beliau yang begitu besar, seiring dengan semangat beliau yang tinggi untuk terus menuntut ilmu, dibuktikan dengan usianya yang hampir 70 tahun tidak menyurutkan niat beliau untuk melanjutkan studi doktor beliau di Program Studi Fisika ITB. Terakhir, beliau berpesan agar sinergitas para ilmuan Indonesia dalam rangka mengolah sumber energi khususnya Potensi Geotermal di Indonesia harus ditingkatkan agar segala potensi sumber daya alam di Indonesia termanfaatkan untuk kemajuan bangsa.

Gambar 3. Pemateri 1 Pak Harapan saat menyampaikan materinya.
Gambar 4. Pemateri 2 Dr. Sasfan saat menyampaikan materinya.

Materi yang kedua disampaikan oleh Dr. Sasfan Arman Wella yang merupakan salah satu peneliti di Pust Penelitian Fisika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pada kesempatan kali ini Dr. Sasfan membagikan mengenai topik Riset yang sedang beliau kembangkan dibidang harvesting energy yakni Termoelektrik (TE), khususnya material dua dimensi (2D). Hal ini sekaligus mengenalkan kepada para mahasiswa mengenai bahan-bahan TE yang bisa dikembangakan untuk ‘memanen energi’ disamping bahan-bahan bersifat photovoltaic yang mungkin sudah lebih banyak dikenal orang dengan istilah sel surya. Beliau memaparkan dengan detail tentang pendahuluan efek TE, faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi TE, beberapa perhitungan TE pada material 2D, dan  dari berbagai peluan-peluang yang dapat dikembangkan menggunakan sumber energi dari bahan TE yang menjadi tantangan tersendiri oleh para mahasiswa dimasa mendatang. Terakhir beliau menambahkan agar para mahasiswa menumbuhkan minat lebih awal terhadap topik yang akan diambil atau riset yang akan ditekuni sehingga arah penelitian yang dilakukan lebih jelas dan menjadi kontribusi dalam mengatasi masalah di Negeri kita. Sama seperti pak Harapan, beliau juga menginginkan adanya sinergitas yang kuat diantara para peneliti khususnya dibidang energi agar hasil dari riset yang dilakukan dapat membawa manfaat bagi Indonesia (N.N.I).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top