Dosen Fisika Raih Penghargaan dan Nominasi pada Ajang Penganugerahan Insan Riset dan Inovasi ITERA 2020

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melalui Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penjamin Mutu (LP3) ITERA menggelar Malam Penganugerahan Insan Riset dan Inovasi ITERA 2020 sebagai ajang apresiasi kepada mahasiswa dan dosen ITERA yang telah mengahasilkan riset dan inovasi terbaik sepanjang 2020, Kamis, 10 Desember 2020. Kegiatan yang diadakan secara dalam jaringan tersebut mengumumkan lima kategori penghargaan yaitu publikasi terproduktif, kreativitas mahasiswa terbaik, pengabdian kepada masyarakat terbaik, hak kekayaan intelektual (HKI) kategori paten terbaik, dan hak cipta terbaik, serta peneliti terbaik ITERA tahun 2020.

Pada kegiatan tersebut 2 orang dosen itera Mahardika Yoga Darmawan, S.T.,M.Sc. dan Dr. Abdul Rajak, S.Pd., M.Si.  berhasil masuk nominasi dari kategori yang diadakan, bahkan salah satu dari dosen tersebut berhasil menyabet gelar pemenang dalam acara tersebut.

Pada gelaran acara Malam Penganugerahan Insan Riset dan Inovasi ITERA 2020, salah satu dosen program fisika Dr. Abdul rajak, S.Pd., M.Si. berhasil masuk  dalam nominasi dan menyabet gelar juara dalam kategori Peneliti Terbaik mengalahkan nominator lain. Dr. Abdul Rajak berhasil melakukan penelelitian pengolahan sampah plastik berbasis polystirine menjadi bahan penyaring udara ramah lingkungan. Sedangkan, Mahardika Yoga Darmawan, S.T.,M.Sc., walaupun belum berhasil mendapat gelar juara, beiliau masuk kedalam jajaran nominator untuk kategori HKI Terbaik bersama dengan mahasiswa prodi fisika Ali Komarudin.

Dalam laporannya Kepala LP3 ITERA, Acep Purqon, Ph.D., menyampaikan penyelenggaraan Malam anugerah insan riset dan inovasi ITERA tahun 2020 diharapkan menjadi pemacu sekaligus pemicu sivitas akademika ITERA terutama dosen dan mahasiswa untuk aktif melakukan penelitian inovasi sebagai sebuah prestasi.

Sementara Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., IPU., menyampaikan di penghujung tahun 2020, ITERA berupaya memberikan apresiasi kepada insan riset dan inovasi dalam tugas melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Rektor menilai cukup banyak hal yang sudah dilakukan mahasiswa dan dosen melalui LP3 ITERA sehingga sangat tepat jika diberikan apresiasi untuk meningkatkan prestasi yang telah dicapai. “Apresiasi perlu dilakukan, memberikan  penghargaan kepada yang telah melakukan inovasi dan riset terbaik. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, apresiasi menjadi pacuan untuk kita bersama,” ujar Rektor

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top