Webinar Alumni FISIKA

Program Studi Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) tahun ini telah melaksanakan Acara Webinar Alumni dengan tema “Tips and Trick to Get Scholarship, Study, Life & Work in Japan and Germany”. Acara Webinar Alumni diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2020 pada pukul 19:00 – 22:00 WIB melalui aplikasi Zoom. Acara Webinar Alumni diselenggarakan dengan tujuan agar mengetahui tips dan trick lolos beasiswa di luar negri terutama di Jepang dan Jerman, serta mengetahui bagaimana kehidupan disana.

Acara Webinar Alumni yang diikuti sebanyak 56 peserta tersebut menghadirkan 2 narasumber yang sedang melaksanakan studi di luar negri yaitu Jepang dan Jerman. Liliany N Pamasi merupakan narasumber pertama yang sedang melanjutkan studi S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang. Lucky Maulana merupakan narasumber kedua yang sedang melanjutkan studi S3 di Physikalisches Institute, Universität Stuttgart, Jerman. Dalam Webinar Alumni ini dimoderatori oleh Bapak Indra Pardede, Ph.D., selaku Sekertaris Program Studi Fisika ITERA.

Berikut merupakan profil singkat dari kedua Narasumber.

Liliany Noviyanty Pamasi adalah Narasumber pertama yang lahir di Rantepao, 24 April 1993 (27 tahun). Liliany merupakan lulusan S1-Fisika di Universitas Gadjah Mada (2011-2015) dan melanjutkan studi S2 (2016-2018) dan S3 (2018-Sekarang) di Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang dan meraih pendanaan untuk program S2 yaitu MEXT Scholarship dan pendanaan untuk program S3 yaitu Research Assistant. Liliany memiliki hobi bermain game dan olahraga seperti bulu tangkis dan tenis meja.

Gambar 1. Profil Liliany Noviyanty Pamasi (Narasumber)

Lucky Maulana adalah Narasumber kedua merupakan lulusan S1-Fisika di Universitas Negeri Semarang dengan Grup Riset yaitu Material Magnetic (2009-2013), kemudian beliau melanjutkan studi S2 di Universitas Gadjah Mada dengan Grup Riset yaitu Fisika Atom dan Inti, dan Nano (2014-2016) dan sekarang sedang melanjutkan studi S3 di Physikalisches Institute, Universität Stuttgart, Jerman dan meraih pendanaan Research Assistant (RA).

Gambar 2. Profil Lucky Maulana (Narasumber)

Dalam Acara Webinar Alumni, Liliany N Pamasi menjelaskan tips dan trick dalam mendapatkan beasiswa di Jepang. Adapun penjelasan yang disampaikan yaitu ada beberapa yang harus dilakukan dan dimiliki, yang pertama adalah menyiapkan portofolio yang sangat baik terutama dibidang akademik yaitu berupa transkrip nilai yang baik, jurnal dan lain sebagainya. Kemudian tidak hanya itu, yang harus dipersiapkan juga yaitu sertifikat Bahasa seperti TOEFL, IELTS atau TOEIC. Liliany menjelaskan bahwa untuk mendaftar beasiswa di Jepang bisa menggunakan TOEIC. Tak hanya Bahasa Inggris saja namun juga harus bisa Bahasa Jepang minimal mengerti kosa katanya, karena itu sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi di lingkungan sekitar. Kemudian yang harus dipersiapkan juga yaitu soft skill (public speaking), study plan dan Contact the professor/sensei di Jepang.

Gambar 3. Dokumentasi Liliany saat mengisi  acara Webinar Alumni

Lucky Maulana menjelaskan tentang Sejarah Universität Stuttgart, Jerman, menjelaskan bagaimana proses belajar disana serta memeberikan gambaran umum tentang laboratorium penelitian di Universitas disana. Selain itu, Lucky Maulana juga menceritakan bagaimana kehidupan di Jerman dari segi Pendidikan dan segi beraktivitas disana. Tak lupa Lucky Maulana juga menyampaikan beberapa pesan-pesan untuk para peserta.

Gambar 4. Dokumentasi Lucky saat mengisi  acara Webinar Alumni

Setelah kedua Narasumber memaparkan materinya masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab oleh para peserta kepada para narasumber. Banyak peserta yang antusias dalam Acara Webinar Alumni pada hari tersebut. Beberapa para peserta banyak yang bertanya mengenai bagaimana cara mendapatkan beasiswa di luar negri, dan bahkan ada yang bertanya mengenai alasan para narasumber memilih melanjutkan studi S3 di Jepang dan Jerman.

Kedua para narasumber juga menyampaikan beberapa pesan-pesan kepada para peserta yang tertarik untuk melanjutkan Pendidikan di luar negri terutama Jepang dan Jerman, diantara pesan-pesan tersebut yaitu agar dipersiapakan sejak dini untuk mempersiapkan beberapa syarat yang harus dimiliki dan dipersiapkan yaitu seperti Transkrip Nilai yang baik, misalnya nilai yang belum mencapai target usahakan untuk mengulang matakuliahnya agar bisa mencapai target, kemudian untuk Sertifikat Bahasa harus dipersiapkan juga, banyak-banyak mencari informasi mengenai beasiswa di luar negri dan tak lupa untuk menghubungi atau kontak professor/sensei yang berada di luar negri mengenai topik dan ketertarikan kita dalam melaksanakan penelitian atau melanjutkan studi di sana.

Acara yang terakhir adalah sesi foto bersama antara para peserta dan para narasumber. Berikut merupakan hasil dokumentasi yang telah diabadikan dalam Acara Webinar Alumni kali ini.

Gambar 5. Dokumentasi Acara Webinar Alumni
Gambar 6. Dokumentasi Acara Webinar Alumni
Gambar 7. Dokumentasi Acara Webinar Alumni
Gambar 8. Dokumentasi Acara Webinar Alumni

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top