Mewujudkan Sekolah Siaga Bencana di MAN Model Bandar Lampung

Posisi Bandar Lampung yang dekat dengan segmen sesar Semangko dan bayang-bayang ingatan buruk Gempa Liwa 1994 menjadi latar belakang Prodi Fisika mewujudkan Sekolah Siaga Bencana. Gempa Bumi masih menjadi ancaman bagi penduduk Indonesia karena masih belum bisa di prediksi. Sehingga upaya terbaik adalah mempersiapkan masyarakat untuk siaga bencana. Oleh karen itu Prodi Fisika mengambil peran untuk mewujudkan masyarakat sekolah siaga bencana gempa bumi di MAN Model Bandar Lampung. Pengabdian ini terselenggara dari hibah ITERA 2018.

Hal yang dilakukan adalah sosialisasi kepada para siswa, memberikan pengetahuan apa yang perlu dan wajib dilakukan sebelum, saat, dan sesudah gempa. Kegiatan lain adalah memberikan sumbangsih pemikiran dalam pembuatan Prosedur Operasional Baku (SOP) dalam menghadapi bencana gempa bumi, termasuk di dalamnya terdapat skema evakuasi. Skema ini juga dilengkapi dengan pemasangan tanda jalur evakuasi di setiap gedung sekolah.

Kegiatan ini ditutup dengan simulasi bagaimana saat terjadinya gempa bumi. Pihak sekolah mengapresiasi kegiatan ini dan berterimakasih atas sumbangsih yang telah diberikan oleh Prodi Fisika ITERA

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top