Mengenalkan Energi Alternatif di SMA N 9 Bandar Lampung

Tiga hal yang menjadi tantangan manusia 50 tahun mendatang yaitu, pangan, air bersih, dan sumber energi. Yang terakhir disebut menjadi menarik jika dikenalkan kepada generasi sekarang. Tentu dengan harapan bahwa generasi milenial akan terpacu dan termotivasi untuk berhermat dan bijak menggunakan energi, lebih jauh lagi terpacu menjadi individu yang bisa mengembangkan sumber energi baru.

Bagi para milenial, konsep Energi sejak SMP sudah dikenalkan. Namun, masih secara umum. Keinginan untuk mengenalkan lebih detail dan lebih menarik dengan sebuah peraga dan praktik itulah yang menjadi kegiatan utama Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) Prodi Fisika. Pengabdian ini terselenggara atas bantuan hibah LPPM ITERA.

Tim Pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fisika ITERA ini membagi materi kedalam tiga kelompok yaitu energi panas bumi, energi surya, dan energi nuklir. Penyampaian materi ini pun dikemas dengan menyenangkan melalui games dan ice breaking.

Juga tak lupa siswa diajak untuk “memanen” energi matahari dari alat sel surya yang dibawa dari Laboratorium Fisika Dasar milik ITERA. Dalam kegiatan ini, salah satu siswa mengungkapkan ide bahwa dia ingin membuat semacam terminal pengisian baterei smartphone yang 100% dipanen dari energi matahari di pojok sekolahnya.

Hal ini tentu membanggakan, bahwa pengabdian ini bisa memantik ide dan semangat untuk menjadi mandiri energi. (VLI)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top